Bajaj Pulsar 180 DTS-i – 2009 vs TVS Apache RTR 180 – 2009   242 comments

Artikel ini hanya merupakan rangkuman dari berbagai sumber di india sono…… ga ada maksud untuk men-judge suatu produk….. kita khan cuman konsumen… so pilihlah yang masuk dihati…. hehehehehe….

Kedua produk itu emank belum di-launch di indonesia, perbedaan Pulsar 180 edisi 2009 dgn pulsar 180 yg beredar di indonesia adalah Pulsar 180 edisi 2009 makee body-nya Pulsar 200 yg udah RIP di india sono dan body bertambah berat 5 kg tapi performace naik menjadi 17.03 PS dari semula 16.5 PS….. sementara Apache 180 adalah pengembangan dari Apache RTR 160 dgn penambahan tank-shroud baru plus sticker keren dan warna menyala….

tvs-apache-rtr-1801 bajaj-pulsar-1801

Engine :

Apache RTR 180

berkapasitas murni 177.4 cc (4 stroke air cooled single cylinder SOHC 2 valve ), Bore x Stroke : 62.5 mm and 57.8 mm. mampu menghasilkan power 17.3 PS  / 8500 RPM  Torsi Max : 15.5 NM /7000 rpm.  pake karburator Mikuni BS-29.

Pulsar 180 DTS-i

berkapasitas murni 178.6cc (4 stroke air cooled single cylinder SOHC 2 Valve), Bore x Stroke : 63.5 mm and 56.4 mm Power 17.02 PS at 8500 rpm. Torsi max turun menjadi14.22 NM dari sebelumnya 15.2 NM  entah apa kamsudnya enginering Bajaj ngambil keputusan ini ???? …..

Sasis dan Suspensi :

Apache : 2085 mm x 730 mm x 1100 mm

Pulsar : 2035 mm x 760 mm x 1115 mm

Apache 180 menggunakan sasis Double Cradle .  Suspensi depan teleskopik berukuran 105 mm sedangkan belakang Mono tube Inverted Gas (MIG). perubahan ukuran suspensi (dibanding RTR 160) ini menaikkan wheelbase untuk mengejar kestabilan di kecepatan tinggi.

Pulsar 180 menggunakan sasis  Double Downtube frame yg diambil dari Pulsar 200.  suspensi depan Teleskopik 130 mm dari Pulsar 220 dan belakang tetep 5 way adjustable Hydraulic Gas berisi Nitrox berukuran 101 mm .

Performance – keiritan – Pengereman :

dengan berat 147 kg yg bertambah 5 kg dari pulsar 180 edisi sebelumnya pulsar 180 dari 0-60 bisa dicapai dalam 4.5 detik sementara 0-100 dalam 14 detik dengan kecepatan maksimum 123 km/jam ( ini dari alat pengukur terpercaya lho katanya….???? ), sementara Apache dgn bobot 10 kg lebih ringan dari pulsar, untuk 0-60 hanya butuh waktu  kurang dari 4.5 detik …… sementara kecepatan maksimum yg bisa diraih 124 km/jam…. mangstabssssssssss….

untuk konsumdi BBM Apache dalam kota mencapai 39-44 km / liter , luar kota mencapai  43-48 km / liter, sementara Pulsar dalam kota 41-46 km / liter , luar kota mencapai 46-51 km / liter….. sooo pilih sendiri jagoanmu….

untuk pengereman dan handling apache jauh lebih baik dari pulsar,  dgn bekal 270 mm petal disc didepan dan 200 mm disk dibelakang  rasanya jauh lebih pakem daripada pulsar yg menggunakan 260 mm disc didepan dan 130mm drum dibelakang untuk menghentikan motor seberat 147 kg……..

Harga

bingung mau nulis soal harga….., perbandingan ajah Pulsar 180 sekarang dijual di indonesia 18 juta OTR sedankan Apache RTR 160 rear-disc-brake (RDB) kmaren katanya bro fanderlart (http://fanderlart.wordpress.com) beli seharga 18.5 jutaaa…. so kira-kira ajah berapa harga RTR 180 kalo keluar di indonesia ?????

Posted 6 Agustus 2009 by Tulus Budi in Motor, Opini

Tagged with , , ,

242 responses to “Bajaj Pulsar 180 DTS-i – 2009 vs TVS Apache RTR 180 – 2009

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ehm… tuL

  2. kedua..

  3. tvs tetap lebih baik

  4. menambahkan dan berbagi aja bro,.. saya pake black apache udh hampir 2th, mesin msh mulus, tenaga tetep ok, dan bensin 1liter bisa buat sekitar 45km bro, pemakaian normal saya rata2 70-100kpj… so apache iritnya udah terbukti, ane sering touring ma temen2 ane yg pake tigi, mio, supra, grand, thunder, apache masih tetep yang paling irit.

  5. Kmaren ke Jakarta, emang gue akuin di Jakarta kayaknya Pulsar udah banyak banget…
    Dengar2 malah banyak mantan pengguna Tiger ganti ke Pulsar…
    Hem, mantap, ada juga Bajaj (bemo) yang lumayan baru… Wah, ekspansi India udah gak main2 Nich. Belum lagi mau masuk APache 180 Injeksi tahun ini plus Mobil India yang katanya murah (blum tau kapa)…
    Pasar bebas nich…

  6. numpang lewat dong…
    kalo Apache 180 jadi masuk ke mari pakai EFI atau karbu?
    kalo EFI itu harus pakai pertamax ga sih ato cukup di isi premium saja?

  7. bajaj 135 okeh

  8. masuk AISI…lebih menjamin consumers satisfaction….TVS cuma kalah di marketing aja..payahhh aachh….ato dana buat iklan ter sedot bangun pabrik di karawang yah? ……….apapun yang terjadi….smoga TVS terus eksis!

  9. vote for pulsar

  10. Apache 180 cc Injeksi…

  11. klo ane sih milih apache dari pda p180 atau p200..
    karena akselerasi dan top speed apache diatas keduanya..
    ini di sudah ujicoba dengan temen ane yg netral (karena motornya pio)..
    sampel yg didapat yaitu rtr160 vs p200 dengan kondisi semua standart..
    pada awalnya kendaran di kendarai secara bersamaan untuk memastikan perbedaan spedo pada kedua motor..
    ternyata trjadi selisih sktr 2-3 kph antara apache dengan p200 yang dimana apache 40kph dan p200 37-38kph.. trus kita bulatkan menjadi 4 kph selisihnya..
    (saat itu spedo yg dipake bajaj hitam bukan yg putih seperti keluaran baru, karena yg putih sudah menyamai apapceh bhkan aa yg lebih cepat)
    tes dilakukan di ring road barat nogotirto yogyakarta..
    dengan joki yg sma yg emg suka ngetrek..
    dengan posisi duduk mendekat ke tangki atau dada menempel tangki (seperti motogp)didapatkan kecepatan apache adalah 137kph dan kecepatan p200 adalah 124kph,
    jika di samakan spedonya berati p200 kecepatannya ditambahkan 4 kph menjadi 128 kph..
    jadi apache 137 kph dan p200 128 kph..
    ini cuma tes sendiri lho..
    jadi yg tidak berkenan mohon maap..
    apache saya aj cuma lari 130kph itu juga karena bobot gw 97kg.
    hhe..
    just share no offense..
    jadi klo bisa vote ane pilih Apache dengan harga yg lebih murah tapi kualitasbisa menyamai bahkan bisa mendahului..
    ini ada anekdot aja yah..
    setiap ane naek apache n ktemu bajaj pengendara bajaj pasti ngeliatin n jga jrak klo jlan..
    apa karena takut bautnya diminta tvs yah..??
    hhe..
    IMHO..

  12. ada2 aja, motror ko minta baut 🙂

  13. pulsar no 1

  14. pulsar 200 saya udah tak pasang tabung yeis,, jadi akselerasi setara dengan scorpio

  15. apache…..bro….gwa pake apache buat moblie…keliling Lampung…. ga ada kendala bro… sumpah… Gua Puas Pake apache..

  16. Apache klu bodi kalah tpi klu speed apache terdepan……|
    jdi klu pengeluaran terbaru lagi tolong buat sekeren mukin bodinya tu…..!!!!!

  17. q pke apache,,, rtr 160 tarikanya garang, pernah jln smp 125km/h, dan itu blm gas pol…
    apache emg mantabs!!!!

  18. bingung dahhh..

  19. dari sisi getaran msin nya gter mana apache sama pulsar?

Tinggalkan komentar