SOHC & DOHC pada motor   13 comments

Well.. pada motorcycle … teknologi SOHC ataupun DOHC banyak ditemui pada motor 4 stroke…!!! SOHC (Single Overhead Camshaft) sebagaimana elo bisa diliat digambar sebelah kanan… disebut single karena hanya mempunyai satu camshaft…!!! Dan melalui camshaft dan lifter (jendolannya)… atau kadang bisa menggunakan rocker arm.. yang menggerakkan valves baik intake valves ataupun exhaust valves…!!! Biasanya dalam 1 cylinder… yang SOHC mempunyai 2 valves… 1 untuk intake dan 1 untuk exhaust valves. Namun ada juga yang mendesign 4 valves… yaitu 2 untuk intake dan 2 untuk exhaust valves…!!! Namun hal ini akan cukup rumit mendesignnya… ditanya kenapa ??? Karena ini menyangkut timing… antara intake valves buka/tutup dan exhaust valves buka tutup kudu match timing nya.. kalau nggak .. bakalan dihajar ama piston…!!!

Gimana dengan DOHC (double overhead camshaft)…??? DOHC .. yah tentu saja menggunakan 2 camshaft…!!! Nah standard DOHC tuh 1 cylinder udah 4 valves… jadi yang pasti valve intake dan valve exhaustnya.. double dibandingkan dengan SOHC (yang standard lho)…!!! Terus impactnya gimana ??? Intake valves tuh khan buat nyemprot campuran udara + bensin… nah jika valvesnya double.. maka semburannya bakalan banyak… dan itu artinya more power… apalagi ditambah dengan compression tinggi… plus NOS… walah… melejit.. tuh motor…!!! Sering kali… DOHC tuh untuk ngimbangin 2 stroke… artinya untuk dapat mengejar kekalahan 2 langkah… maka valvenya di double in…!!! Walau tetep aza… ada waktu untuk itu…!!! Nggak heran istilahnya.. kalau pake bebek 4 stroke.. kudu diurut… apalagi yang SOHC…!!! Kalau 2 stroke nggak betele-tele kayak gini… makanya masih banyak 2 stroke lover… coz more speed…!!!

Khususnya motor cc kecil… DOHC dan SOHC ..sangat kerasa banget…!!! Teknologi DOHC pasti aza lebih mahal… (gampangnya aza.. lihat aza material yang digunakan.. dan ngukur timing nya lebih kompleks)..!!! FU-150 nerapin DOHC 150cc… nah bisa dibayangin khan dengan cc 150cc… pake DOHC… pluz power to weight rationya yang lumayan… yah jadi ngacir…!!! Jup 135MX komeng… pakai 4 valve walau SOHC… juga lumayan… tapi kalau lainnya 2 valves… !!! Terus impactnya gimana…!!! 4 valves.. yah terang lebih ngacir dan boroz… sedangkan 2 valves … lebih lelet dan irit.. !!! Coba aza di langsam.. diaduin.. pasti yang lebih mati 4 valves duluan…. yah wajar… !!! jadi jangan diperdebatkan ini.. lebih irit dan itu lebih boroz.. teknologinya aza udah ketahuan… tergantung kitanya mau milih yang gimana…

( Saduran dari : http://www.xxwahyuxx.co.cc )

Posted 7 September 2009 by Tulus Budi in Modifikasi

Tagged with ,

13 responses to “SOHC & DOHC pada motor

Subscribe to comments with RSS.

  1. @Tulus Budi
    yah…gimana sih om kecret..???koq cuman copas…???
    mungkinz ini biza jadi rudjukan
    http://prado2.com/mengapa-harus-4-valve.htm

  2. jadi yang irit-irit itu siapa?…he..he..

  3. numpang lewat, sekalian
    menambahkan dan mengoreksi, mohon diinfokan ke yg bikin artikel…

    4-valve bukan cara buat nyamain tenaga 2-stroke,
    biar gimana juga gak akan pernah menang dengan cc sama..
    4-valve cuma buat gedein arus masuk-keluar gas, coz bukaan katup masuk-keluar gas di mesin 4-stroke itu relatif selalu lebih kecil dibanding 2-stroke yang ngandelin window port yg gedenya amit2… satu2nya cara nyamain tenaga 2-stroke adalah nambah silinder… coz mesin 4-stroke ngebuang bertenaga pas langkah isap dan buang, blom lagi mekanisme per klep yg sedikit buang tenaga juga..

    SOHC kalo buat 4-valve is OK, ga ada masalah, bukan masalah rumit gak rumit, tapi penggunaan 4 buah rocker-arm bikin getaran mesin relatif tinggi, ngurangin keawetan mesin… DOHC gak pake rocker-arm, komponen gerak n mudah aus lebih dikit, so lebih awet juga… setel klep aja gak diperluin di DOHC… suara pun lebih halus… (jadi ngiler denger suara alus Ninja 250 :P)

    DOHC vs SOHC ga ada urusan sama timing klep… itu cuma masalah desain camshaft masing2… kalo DOHC tapi pake timing agresif tetep aja piston bisa bentur klep… buktinya mesin MX135 asik2 aja kan meski 4-klep SOHC?

    nah, kalo ngomongin teknologi VVT, baru deh urusan sama timing… VVT = VARIABLE valve timing… camshaftnya dua timing, bisa geser tuh camshaft… tapi ni teknologi mana ada sih yg mau nerapin disini?

  4. Terima kasih ya, Mas udah membantu merapikan blog saya. oh iya udah liat motor Yamaha Mio yang dibawa Opung belum?
    Saya ada saran, perjuangkan juga UU sebagai payung pengguna motor roda tiga. Bravo..

  5. nambahin info jg nihh,klo mesin DOHC tuh high temperature…
    jdnya hrs pke pendingin oli ato air..

    kya mobil jg sama klo yg DOHC pasti suhu mesinnya jauh lebih panas dibanding SOHC.. jd klo pengguna mtr berjenis mesin DOHC jgn ngeluh yahh berasa panas mesinnya dikaki…apalagi moge,yg rata2 udh DOHC smua+kapasitas mesin besar pula…berasa bgt tuhh suhu panasnya,klo dijkt kurang cocok pke moge kecuali emang bwt koleksi or punya2an yahh…
    klo bwt pke harian bs mateng tuh bagian separo body kebawah,hehehe..

  6. I usually don’t post on Blogs but ya forced me to, great info.. excellent! … I’ll add a backlink and bookmark your site. 🙂

  7. gak ada gambarnya…..
    ini ilmu sastra mesin…..

  8. gw pnya mtr cbr tp larinya gag kenceng ? ad saran gag

  9. Howdy! I simply wish to give a huge thumbs up for the good info you’ve right here on this post. I might be coming back to your blog for more soon.

  10. There are certainly numerous particulars like that to take into consideration. That may be a nice level to convey up. I offer the ideas above as normal inspiration but clearly there are questions just like the one you bring up where an important thing will likely be working in trustworthy good faith. I don?t know if best practices have emerged round issues like that, but I’m positive that your job is clearly recognized as a good game. Each girls and boys really feel the impact of only a moment’s pleasure, for the rest of their lives.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: