Keunggulan Mesin Tegak dibanding Mesin Horisontal   4 comments

Jika kita cermati, Hampir Semua Motor Sport dan Bebek Sport memakai mesin dengan konvigurasi mesin tegak.  Nah apa sih keunggulan mesin tegak? kok nyaris semua motor sport modern memakai mesin jenis ini.

Oke coba kita bahas satu persatu keunggulan mesin tegak.
Pertama, gesekan yang terjadi pada dinding piston dengan dinding dalam silinder akan lebih kecil jika kondisi arah gesekan semakin vertikal tegak lurus dengan bumi. Sehingga performa mesin akan lebih baik karena gesekan yang terjadi pada bagian inti penggerak ini lebih kecil. Mesinpun akan lebih effisien sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.

Kedua, bahan bakar yang masuk kedalam mesin melalui karburator akan lebih lancar, karena tidak perlu melalui leher angsa. Akan tetapi langsung lurus masuk kedalam mesin. Performa mesin tentu saja lebih baik dengan adanya pasokan bahan bakar yang lebih lancar dan merata.

Ketiga, mesin tegak lebih tahan banjir. Karena bagian filter udara dan karburator terletak lebih tinggi dan lebih terlindung dari pada mesin horisontal. Busi-pun terletak lebih tinggi, sehingga bagian pemicu pembakaran ini lebih aman dari resiko terendam air.

Keempat, mesin tegak dengan kapasitas mesin (cc) yang besar akan tetap kompak secara dimensi, tidak sepanjang mesin horisontal. Hal ini mengakibatkan sepeda motor lebih stabil karena titik berat motor dapat lebih terpusat di tengah. Selain itu beragam fitur yang lebih baik dapat diterapkan pada motor yang memakai konfigurasi mesin tegak. Semisal ada ruang yang cukup untuk Radiator, Monoshock Suspension, dan penggunaan Delta Box Frame. Tentunya motor makin superior dengan beragam Fitur ini.

Kelima, sepeda motor yang menggunakan mesin tegak akan lebih lincah ditikungan, karena titik berat pada mesin tegak lebih tinggi dari pada titik berat pada mesin horisontal. Hal ini akan membuat motor lebih dinamis saat bermanuver maupun saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi. Demikian halnya jika kita terjebak dalam kemacetan jalanan kota besar, motor juga tetap lebih lincah dan handal.

<Tulisan Disadur dari http://www.yamaha-friends.com&gt;

Posted 26 Juni 2009 by Tulus Budi in Motor

Tagged with

4 responses to “Keunggulan Mesin Tegak dibanding Mesin Horisontal

Subscribe to comments with RSS.

  1. ulasan bagus. Lanjutkan Bro!

  2. om, boleh tanya..

    yang paragraf 2. masalah irit BBM.
    saia kok masih bingung ya, manakah yang lebih irit antara mesin tidur VS Setengah berdiri / berdiri.

    contoh gampangnya aja, Thunder 125 vs Shogun 125 dan GL max (125) VS Supra 125/karisma 125 itu lebih irit mana.?

    soalnya setahu saya, mesin tidur itu lebih irit BBM tapi kalah di torsi, sedangkan mesin berdiri agak boros tapi menang di Torsi.

    saya lupa baca dimana, tapi salah satu pabrikan di eropa sana membuktikan kinerja mesin boxer lebih baik dari pada V atau W series. boxer mewakili mesin tidur, V-engine mewakili mesin berdiri.

  3. Salam kenal bro Tulus,

    Wah…terimakasih ya atas pemuatan kembali tulisan dari tim kami. Akan lengkaplah sukacita ini jika anda bergabung di blog komunitas Yamaha & friendS sebagai member. Ditunggu lho😉

    Eh, ketemu lagi nih bro gadjah! Btw pertanyaan itu udah dijawab di artikel kami, kalau ada hal yang merisaukan silakan diutarakan🙂

    Cheers

  4. Gue pke GL max sob. 5 rb dah bs bwt 70 km.

    John GL (Ganteng luarbiasa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: