Bore x Stroke , Apa pengaruhnya ke Performa Motor ??? …..   6 comments

Perilaku konsumen dalam membeli motor emang beragam, kadang ada yang hanya melihat modelnya, kadang melihat merk-nya, kadang melihat resale value-nya ( hehehe… ini yg agak aneh, beli tanah ajah kale jangan beli motor ?? ….) , tapi ada pula konsumen yg membeli motor sesuai spesifikasi yang dia inginkan, misalnya dia pengen motor harian yang bisa ngebut tapi irit ato pula dia pengen motor bertenaga badak yang bisa dipakai turing naik-turun gunung walaupun ga terlalu ngebut… , so…., kita akan coba bahas gimana seh menyimpulkan spesifikasi suatu motor yang kita dapet dari brosur yang kita dapet….

Apa seh Bore x Stroke itu…?, Bore adalah diameter silinder sedangkan Stroke adalah jarak piston bergerak maju-mundur..… Gimana Bore x Stroke mempengaruhi performa mesin …?, Ada tiga type Bore x Stroke yaitu :
– Over Bore
– Over Stroke
– Square Engine
Over Bore
Ukuran Bore lebih besar dari ukuran stroke. Power maksimum pada putaran menengah dan tinggi. Cocok untuk motor sport ataupun motor touring .
Contohnya :
Yamaha Scorpio Z = 70 mm x 58 mm
Honda Mega Pro = 63.5 mm x 49.5 mm
Honda CBR150R = 63.5 mm x 47.2 mmBajaj Pulsar = 63.5 mm x 56.4
Kawasaki Athlete 125 = 56.0 mm x 50.6mm
Kawasaki KLX250 = 72.0 mm x 61.2 mm
Over Stroke
Ukuran Stroke lebih besar dari ukuran Bore. Torsi dan power tinggi pada putaran rendah dan menengah. Cocok untuk Jalan santai dan Stop and Go di perkotaan yang macet. Pada RPM tinggi, tenaganya mengecil dan mesin bergetar sehingga berisik.
Contohnya :
MX-135 = 54.0 x 58.7 mm
Kawasaki Kaze ZX130 = 53.0 mm x 59.1 mm
VEGA ZR = 50 x 57.9 mm
Yamaha Mio = 50 x 57.9 mm
Honda Blade 110 cc = 50 mm x 55.6 mm
Supra X 125 = 52,4 x 57,9 mm
VEGA R = 51.0 x 54.0 mm
Vixion = 57.0 mm x 58.7 mm
Suzuki Thunder 125 = 52.4 x 57.8 mm

Square Engine
Ukuran Bore sama/ hamper sama dengan ukuran stroke. Torsi dan power merata di semua putaran.
Contohnya :
Honda Tiger = 63,5 mm x 62,2 mm
Berikut ini tabel perbandingan Spesifikasi Motor yg beredar di Indonesia periode 2009 (sampai tulisan ini dibuat)
KELAS BEBEK
Kelas underbound ini menguasai 54% share penjualan seluruh varian motor di Indonesia mulai dari kelas sport hingga matic yang juga tengah naik daun. Alasannya tentu saja karena nilai ekonomisnya bebek hingga siapa saja menyukainya.

Umumnya motor bebek hadir dengan body sporty sebagai bagian cabang dari motor sport. Ada bebek 100 cc, bebek 110 cc, bebek 115 cc, 125 cc hingga bebek 135 cc. Namun, sejak lima tahun belakangan, hingga saat ini, bebek ber-cc 125 lebih disukai. Maklum, tarikan 125 cc terasa pas untuk semua kalangan, tidak terlalu kencang, juga tidak lambat-lambat amat. Hasilnya, bebek 125 cc hingga kini menjadi primadona.
Honda saat ini punya Supra X-125 serta CS1, sementara Suzuki punya Shogun. Yamaha nampaknya kurang suka bermain di kelas yang telah dikuasai Honda dalam menyedot perhatian masyarakat Indonesia itu. Nah, TVS sebagai pendatang baru nampaknya ingin merasakan nikmatnya kelas bebek 125 cc ini. Pabrikan asal India ini tampil dengan TVS RockZ-125 cc. Juni ini, TVS Rock 125 cc resmi meluncur untuk umum. Sadar akan kejayaan Honda di kelas ini, TVS RockZ 125 cc sebagai pemain baru juga dari ATPM baru, hadir dengan penuh fitur inovatif. Selain tampil dengan trendi motor ini punya sisi unik karena memiliki system music berupa USB port hinga akses fitur radio FM. Walau begitu, lumayan sulit bagi TVS untuk merebut besar-besaran pasar milik Honda dan sebagian Suzuki tersebut. Supra X 125 sudah menjadi produk legenda di kelas ini. Tengok saja penjualannya pada dua bulan belakangan. Di bulan April Supra X 125 menyumbangkan penjualan untuk PT AHM hingga 30.795 unit. Angka ini meningkat jadi 47.379 unit di bulan Mei. Penjualan Supra X125 menjadi andalan kedua Honda setelah Revo yang bisa terjua 20.000 unit di atas Supra X 125.
Supra X 125 juga punya varian lain yakni Supra X 125 PGM FI yang bermesin injection, rata-rata motor berteknologi mutakhir itu terjual 4.000 unit perbulan. Di kelas ini, Honda juga masih punya CS1, motor bebek yang ber-body sport. Memang, penjualannya belum sehebat Supra X 125 yang sudah melegenda sejak 6 tahun belakangan. So, pilih yang mana?
KELAS BEBEK 100 – 120 cc ( 2009 )

Motor Vega ZR New Smash Absolute Revo
Diameter x langkah (mm) 50×57.9 53.3×48.8 50×55.6
Volume silinder (cc) 113.7 110 109.1
Daya maksimum (PS/rpm) 8.8/7.500 8.3/8.000 8.46/7.500
Torsi maksimum (NM/rpm) 8.3/4.500 8.4/8.000 8.43/5.500

KELAS BEBEK 120 – 150 cc ( 2009 )

Motor TVS RockZ Jupiter MX SupraX 125 R Shogun 125 ZX 130 Athlete
Pendingin udara Liquid udara udara udara udara
Bore x Stroke 57 x 48.8 54 x 58.7 52.4 x 57.9 53.5 x 55.2 53 x 59.1 56 x 50.6
Volume 124.5 134.4 124.8 124.0 130 124.6
Rasio kompresi 9.3 : 1 10.9:1 9.0 : 1 9.6 : 1 10 : 1 9.5 : 1
Daya (PS/rpm) 9.8 / 7.500 11.17 / 8.500 9.18 / 7.500 10 / 8.000 10.1/7.500 9.9 / 8.000
Torsi (NM/rpm) 9.8 / 5.500 11.65/5.500 9.7/5.000 / 6.000 10.7/5.500 10.64 / 4.000

Perbandingan fitur bebek Premium
Motor                                                                Honda CS1                     Satria FU ( DOHC )
Pendingin                                                        Liquid radiator            Udara with Oil Cooler
Bore x Stroke                                                 58×47.2                          62×48.8
Volume (cc)                                                   124.7                                147.3
Rasio kompresi                                             10.7:1                              10.2:1
Daya                                                                  12.8/10.000                 16/9.500
Torsi                                                                  10.2/7.500                   12.5/8.500
Fitur Unggulan                                                                                          mesin DOHC

KELAS SPORT 150 – 200 cc ( 2009 )

Motor                                            TVS Apache RTR         Vixion                    Megapro                      Pulsar180 DTS-I
Pendingin                                     Udara                               Liquid                    Udara                            Udara
BorexStroke                               62 x 52.9                         57 x 58.7              63.5 x 49.5                 63.5 x 56.4
Volume                                         159.7                                149.8                      156.7                             178.6
Rasio kompresi                                                                      10.4 : 1                  9.0 : 1                             9.6 : 1
Daya                                               15.2 / 8.500                  14.88 / 8.500      13.3 / 8.500               16.5 / 8.500
Torsi                                               13.1 / 6.000                  13.10/7.500       13.1 /6.000                14.22 / 6.500
Fitur Unggulan                          RTR                                    4 Klep Injeksi       –                                       DTS-I
Exhaust-TEC

< Tulisan ini disadur dari berbagai sumber>

Posted 26 Juni 2009 by Tulus Budi in Motor

Tagged with

6 responses to “Bore x Stroke , Apa pengaruhnya ke Performa Motor ??? …..

Subscribe to comments with RSS.

  1. mantap… thunder 125 over bore broder, kebalik datanya, borenya 57mm

  2. ok thx ats infonya….. hehehehehhe

  3. menarik infonya..tapi ada yg kurang kayaknya..soal power to weight ratio belum dibahas, jangan lupa bobot motor juga menentukan bro..

  4. berarti bebek revo 100cc termasuk square engine.

  5. Kalo menurut gue untuk stop n go atau nanjak2 mending pakai over square, biasanya tarikanya muantaff..
    Panjang setang piston juga mempengaruhi performance.

  6. Bener ni piston thunder 52 kya.a 57

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: